Wednesday, February 28th, 2024

Liga Inggris: Adu Kekayaan Pemilik Newcastle United Mohammed Bin Salman Vs Bos Manchester City

KABARPINO – Newcastle United resmi jadi klub kaya raya. Konsorsium yang dipimpin Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, telah 100 persen mengakuisisi The Magpies, Kamis (7/10/2021).

Public Investment Fund (PIF) milik Muhammed Bin Salman mengambil alih Newcastle United dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley. Kekuasaan Ashley selama 14 tahun telah berakhir.

Pihak Premier League menyetujui akuisisi tersebut setelah mendapat jaminan yang mengikat secara hukum bahwa negara Arab Saudi tidak akan mengendalikan klub. Sebelumnya, proses pengambilalihan tersebut sempat tertunda selama 18 bulan karena berbagai masalah. 

PIF dikabarkan mengucurkan dana 300 juta pounds untuk membeli saham The Magpies. Dana yang digunakan PIF untuk mengakuisisi saham Newcastle United akan terpisah dari uang milik negara.

“Premier League, Klub Sepak Bola Newcastle United dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan tentang pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media,” tulis pihak Premier League, seperti dikutip dari BBC. 

“Sengketa hukum terkait entitas mana yang akan memiliki dan atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan klub setelah pengambilalihan. Semua pihak telah sepakat bahwa penyelesaian diperlukan untuk mengakhiri ketidakpastian panjang bagi para penggemar atas kepemilikan klub.”

“Premier League telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Newcastle United. Semua pihak senang telah menyelesaikan proses ini yang memberikan kepastian dan kejelasan kepada Newcastle United dan para penggemar mereka.”

Setelah berhasil membeli Newcastle United, Mohammed Salman bukan menjadi pengusaha minyak kelas kakap pertama asal Timur Tengah yang mengambil alih klub di Manchester.  

Sheikh Mansour telah melakukannya lebih dari 10 tahun lalu ketika membeli Manchester City. Mansour adalah politikus sekaligus pengusaha kaya raya dari Uni Emirat Arab dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi (UEA).

Sejak dia datang pada 2008, Manchester City telah memenangi empat gelar Premier League, empat Piala Liga Inggris, dan dua trofi Piala FA. Itu menjadi periode tersukses dalam sejarah The Citizen. 

Menurut berbagai laporan di Inggris, Bin Salman termitivasi membeli klub Premier League karena ingin bersaing dengan Mansour. 

Bagaimana perbandingan kekayaan, gaya hidup, dan kontroversi pemilik Newcastle United dan pemilik Manchester City itu? Berikut perbandingannya seperti dilansir The Sun, Sabtu (9/10/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *