Wednesday, February 28th, 2024

5 Pelajaran Kemenangan Arsenal atas Watford: Arteta at The Wheel!

Bola.net – Klub Premier LeagueArsenal memasuki masa jeda internasional dengan hasil positif. Mereka berhasil mengalahkan Watford di pekan ke-11 EPL.

Arsenal memainkan pertandingan terakhir mereka sebelum jeda internasional di Emirates Stadium. Di laga ini, mereka tampil dominan sejak awal laga dan menekan sang tamu.

Arsenal baru berhasil mencetak gol di menit 58 berkat gol Emile Smith Rowe. Gol ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini sehingga Arsenal bisa meraih kemenangan di laga ini.

Dari kemenangan ini ada banyak poin positif yang bisa dipetik dari Arsenal. Apa saja poin-poin tersebut? Simak ulasan kami di bawah ini.

Hal positif pertama yang bisa dipetik dari kemenangan Arsenal kali ini adalah mereka sudah lama tidak menelan kekalahan.

Arsenal terakhir kali kalah pada tanggal 28 Agustus 2021 kemarin. Saat itu mereka dibantai dengan skor 5-0 di Etihad Stadium.

Sejak saat itu mereka sudah menjalani delapan laga tanpa kekalahan di ajang EPL. Rinciannya adalah lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

Salah satu rahasia di balik tren tidak terkalahkan adalah pertahanan mereka yang sangat rapat.

Semenjak kedatangan Takehiro Tomiyasu performa bek Arsenal kian oke. Terutama Ben White yang pada awalnya dicaci kini menjadi pilar yang kokoh di pertahanan The Gunners.

Dari delapan laga EPL tersebut, Arsenal sukses mengemas lima clean sheet. Mereka hanya keboblan empat gol dari delapan pertandingan tersebut.

Jika lini pertahanan Arsenal layak mendapatkan pujian, maka satu yang mengkhawatirkan datang dari lini serang mereka. Pemain yang meresahkan itu adalah Pierre-Emerick Aubameyang.

Sang striker di laga ini gagal mengeksekusi penalti. Ini sudah kali keempat Aubameyang gagal mengeksekusi penalti bagi Arsenal.

Catatan buruk Aubameyang tidak selesai di situ. Ia juga ‘menggagalkan’ gol Martin Odegaard karena ia menyentuh bola yang sudah mengarah ke gawang Watford sehingga gol itu menjadi offside.

Sepanjang laga, striker asal Gabon itu juga tidak membuat ancaman berarti ke gawang Watford. Jadi Arteta mungkin mau mempertimbangkan memberikan kesempatan bagi penyerang Arsenal lainnya untuk bermain.

Kemenangan Arsenal di laga ini tidak terlepas dari peran besar Emile Smith Rowe. Sang gelandang sukses jadi pencetak gol semata wayang di laga ini.

Ini merupakan gol keempat sang gelandang di ajang EPL musim ini. Uniknya, tiga dari empat gol itu dicetak di tiga pertandingan terakhir Arsenal secara beruntun.

Opta Joe mencatat bahwa hanya ada tiga pemain Arsenal di bawah 21 tahun yang bisa mencetak tiga gol beruntun di ajang EPL. Mereka adalah Nicolas Anelka, Jose Antonio Reyes dan Cesc Fabregas. Jadi ini menunjukkan bahwa Smith Rowe bisa menjadi pemain penting bagi Arsenal di masa depan.

Kemenangan Arsenal atas Watford ini menjadi bukti bahwa manajemen Arsenal telah mengambil keputusan yang tepat dengan percaya pada Arteta.

Saat dibantai Man City, sumpah serapah menghujani Arteta. Arsenal pada saat itu bermain dengan buruk, berada di posisi juru kunci sehingga banyak yang menuntut manajemen Arsenal memecat sang pelatih.

Namun manajemen The Gunners memutuskan untuk tetap percaya kepada sang manajer. Hari ini, mereka mulai memetik buah yang manis atas kepercayaan mereka.

Arsenal yang bermain serampangan kini mulai bermain terpola. Pertahanan mereka yang amburadul kini perlahan sudah mulai kokoh.

Belum lagi mereka yang dahulu berada di juru kunci kini berada di peringkat lima. Jadi masih mau percaya proses, Gooners?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *