Wednesday, February 28th, 2024

Sikat Vietnam, Thailand Di Atas Angin

Brace Chanathip membuat Vietnam harus bekerja keras di pertemuan kedua untuk mempertahankan gelar.

Thailand berada di atas angin untuk berlaga di partai puncak Piala AFF 2020 setelah dalam pertandingan leg pertama semi-final mengalahkan juara bertahan Vietnam 2-0 di Stadion National, Kamis (23/12) malam WIB.

Hasil itu membuat Vietnam makin berat mempertahankan gelar, karena Thailand hanya membutuhkan hasil imbang atau tidak menelan kekalahan dengan selisih tiga gol pada pertemuan kedua akhir pekan ini untuk mendapatkan tiket langsung ke final tanpa melalui adu penalti.

Pertarungan antara Vietnam dan Thailand berlangsung sengit dan keras sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Vietnam terlebih dulu mengambil inisiatif menyerang, namun mengalami kesulitan menembus pertahanan solid Thailand.

Namun malapetaka menghampiri Vietnam pada menit ke-14. Kesalahan Nguyen Phong Hong Duy ketika berusaha menghalau umpan Thanawat Suengchitthawon dimanfaatkan Chanathip Songkrasin untuk menjebol gawang Tran Nguyen Manh.

Di saat bangkit untuk menyamakan kedudukan, gawang Vietnam justru kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke-23. Kerja sama satu-dua antara Sarach Yooyen dan Chanathip membuat pemain bernomor punggung 18 itu mencetak gol keduanya di laga ini.

Vietnam makin meningkatkan intensitas permainan untuk mengubah papan skor. Upaya itu nyaris membuahkan hasil di menit ke-34, tapi tendangan bebas Nguyen Quang Hai menghajar tiang kiri gawang.

Di lain sisi, serangan balik Thailand beberapa kali membuat barisan belakang Vietnam harus bekerja keras menghalau bola. Thailand berhasil mempertahankan keunggulan 2-0 hingga babak pertama berakhir.

Vietnam yang tertinggal dua gol tidak menurunkan tempo permainan mereka untuk memperkecil ketertinggalan di babak kedua. Mereka mencoba membongkar sisi kiri dan kanan Thailand, tapi menemui jalan buntu.

Quang Hai seperti sedang tidak bernasib baik di laga ini. Itu setelah tendangannya dari luar kotak penalti usai menerima umpan Ha Duc Chinh digagalkan mistar gawang di menit ke-67.

Vietnam menebar ancaman pada menit ke-80 untuk memperkecil ketertinggalan. Hanya saja, umpan terobosan Quang Hai tidak berhasil diselesaikan Phan Van Duc, karena sepakannya melenceng di sisi kiri gawang.

Thailand mendapatkan peluang emas untuk memperbesar keunggulan pada menit ke-85. Namun Chanathip gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti, karena sepakannya dapat dipatahkan Nguyen Manh. Skor 2-0 pun bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim:Artikel dilanjutkan di bawah ini

Vietnam: Tran Nguyen Manh; Do Duy Manh, Nguyen Thanh Chung, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Toan.

Thailand: Chatchai Budprom; Theerathon Bunmathan, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Narubadin Weerawatnodom, Sarach Yooyen, Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sookjitthammakul, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, Teerasil Dangda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *